Jadikan Sertifikat Halal dan atau Logo Halal Bagian dari Promosi dan Penyerta Merek Dagang Unit Usaha Kita




 Lebih kurang satu bulan yang  lalu, anak negeri ini dihebohkan dengan adanya informasi bahwa Mixue yang merupakan salah satu unit usaha yang menjual es cream dan tea  di negeri ini yang nota bene  sudah berlangusng lama ternyata belum mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Namun setelah hiruk pikuk tersebut, kini Mixue sudah berhasil mengantongi alias mendapatkan setifikat halal tersebuat. Dalam detikfinance, disinyalir bahw Mixue sudah mengangtongi sertifikat halal yang ditetapkan oleh MUI. Penetapan halal ini meliputi semua outlet dan menu dari produk yang dijual  Mixue.

Dengan serta merta Mixue pun memposting dilaman resminya terkait sertifikat halal ini, sertifikat halal yang didapatkan Mixue dengan nomor ID 00410001326911122 untuk PT. Zhisheng Pacific Trading (Mixue) ini  berlaku sampai dengan 16 Pebruari 2027. "Kabar gembira untuk semua Mixuelovers di Indonesia bahwa Mixue sudah mendapatkan sertifikat halal untuk seluruh outlet Mixue yang ada di Indonesia". (detikfinance.com, 16 Pebruari 2023)

Dengan diterbitkannya sertifikat halal tersebut, maka Mixue tidak hanya gembira dan lega, tetapi Mixue pun telah  memperoleh semacam kekuatan dan daya dorong yang lebih kencang dalam meningkatkan volume penjualannya. Betapa tidak, seiring dengan munculnya berita tentang Mixue belum mengantongi  dan selama proses penerbitan sertifikat halal saja, pelanggan dan atau konsumen Mixue tidak bergeming alias tetap ramai antre panjang. Ini sekaligus membuktikan bahwa peminat es cream dan tea Mixue memang luar biasa.

Apalagi dengan sudah diterbitkannya sertifikat halal tersebut, maka bagi Mixue selain dapat meningkatkan kepercayaan konsumen yang mengkonsumsi es cream dan tea Mixue, juga merupakan ajang promosi gratis yang didapatkan Mixue, seperti yang pernah saya sampaikan dalam tulisan terdahulu di kompasiana.com ini.

Kemudian dengan telah diterbitkannya sertifikat halal dari MUI tersebut, maka baik pihak Mixue maupun pihak konsumen sudah lega, konsumen sudah lebih leluasa untuk mengkonsumsi produk minuman yang satu ini.


Tiga Aspek.

Memang sebelum mengkonsumsi produk  makanan dan  minuman,   dikalangan umat Islam harus memperhatikan minimal 3 (tiga)   aspek, yakni  aspek kebersihan, kesehatan,  dan kehalalan. Produk makanan dan minuman yang akan dikonsumsi  tersebut harus  bersih,  mulai dari proses sampai siap untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu, kemasan, tempat, dan pelayan/penyaji juga  harus bersih. Aspek kesehatan pada produk makanan dan minuman yang harus diperhatikan adalah  bahan-bahan yang digunakan untuk menghasilkan/membuat makanan dan minuman  harus memenuhi unsur kesehatan,  Aspek kehalalan tersebut merupakan aspek terpenting dan mutlak harus diperhatikan

Sertifikat dan Logo Halal Penting.

Mengapa sertifikat halal itu penting? Menurut saya setidaknya ada 2 (dua) alasan yang mendasarinya. Pertama, karena sebagian besar konsumen dinegeri ini adalah konsumen muslim atau mayoritas anak negeri ini beragama Islam yang memang harus mengkonsumsi  makan dan minuman yang halal. Kedua, karena konsumen muslim tersebut bila mengkonsumsi suatu makanan dan minuman yang ditawarkan/dijual unit usaha yang mengantongi sertifikat halal, ada unsur ketenangan.

Untuk itu dalam suatu unit usaha harus ada sertifikat halal dan dikemasan produk yang ditawarkan/dijual oleh suatu unit usaha tersebut pun  harus ada  tertera logo halal. Sehingga logo halal tersebut, keberadaannya tak ubahnya sebagai lambang atau merek suatu produk yang diproduksi/dijual oleh suatu unit usaha. Tidak berlebihan kalau saya katakan di negeri ini, suatu unit usaha sudah harus (tidak boleh tidak)  harus mencantumkan dua lambang atau merek pada produknya, merek dagang dan merek kehalanan (logo halal) yang kini menjadi mutlak bagi pelaku usaha.

Dalam perkembangannya, tidak hanya produk makanan dan minuman saja yang perlu memperoleh pengakuan kelahalan tersebut, produk lain pun kini sudah merasa perlu memperoleh sertifikat halal dan atau memasang logo halal tersebut, seperti pada pintu kulkas (lemari es) kini sudah tertera logo halal. Hal ini penting, untuk meyakinkan konsumen bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk memproduksi kulkas (lemari es) tersebut dijamin kehalalannya. Sehingga makanan dan minuman yang akan dimasukkan ke dalam kulkas (lemari es) tersebut dijamin kehalalannya karena tidak tercemar oleh peralatan dalam kulkas apabila bahan/peralatan  dalam kulkas tersebut mengadung bahan yang tidak halal.

Perlu ditinjau/dikaji ulang

Agar sertifikat halal atau logo halal  yang dikantongi oleh pelaku usaha yang  memproduksi makanan dan minuman  tersebut benar-benar menjamin kehalanan  produknya tersebut, perlu diperiksa ualang dalam waktu tertentu walaupun belum habis masa berlaku-nya.

 Kemudian logo halal pada kemasan produk makanan atau minuman tersebut biasanya ditampilkan dengan ukuran kecil dan terkadang tersembunyi, sehingga konsumen harus memperhatikan logo halal tersebut secara seksama. Sebaiknya ukuran logo halal tersebut disesuaikan dengan standar yang ada, atau perlu ditentukan standar dari LPPOM MUI sendiri.

Selanjutnya metode pengujian sampel produk mananan dan minuman oleh LPPOM MUI tersebut sebaiknya harus dilakukan berulang kali dan  metode nya terus diperbaharui. Dikhawatirkan sampel yang disajikan memang halal, sementara yang lain mungkin saja tidak seperti  yang dijadikan seperti sampel yang halal tersebut.

Kemudian yang harus diperhatikan juga adalah bukan hanya aspek kehalalan produk makanan dan minuman itu saja, tetapi aspek kebaikan,  (halalan toyyiba). Seperti unsur penggunaan penyedap rasa atau pewarna yang berlebihan harus dihindari, unsur pewarna makanan dan minuman yang membahayakan harus  dihindari, dan "unsur penunjang" yang menjadikan produk makanan dan minuman tersebut menjadi lebih enak atau lezat juga harus dihindari.

Produk makanan dan minuman halal dan baik tersebut  penting diindahkan,  agar Umat Islam selaku konsumen mayoritas dinegeri ini tetap dapat merasakan ketenangan dalam mengkonsumsi produk makanan dan minuman yang beredar  di pasar. Dalam perkembangnya ternyata persoalaan yang satu ini (kehalalan suatu produk)   diperhatikan juga oleh konsumen non muslim, karena konsumen meyakini dengan sertifikat halal yang dikantongi unit usaha tersebut tercermin unsur kebaikan, kebersihan dan kesehatan suatu produk. Yakinlah unit usaha yang melakukan bisnisnya dengan jujur dan baik akan senantiasa berkah dan berkembang. Semoga!!!!!!